Blog

Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Mu

Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Mu

Buat kamu yang masih sekolah atau kuliah, sangat penting agar bisa meningkatkan kualitas belajar mu. Dengan kualitas belajar yang meningkatkan, maka kamu pun bisa berprogres dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. Materi – materi pelajaran yang kamu dapatkan juga tidak sia – sia kamu pelajari dan pahami, karena kamu tidak hanya tahu atau hafal namun juga mengerti. Kualitas belajar bisa terlihat dari konsentrasi kita di saat belajar, nah agar konsentrasi maksimal, yuk simak artikel tips meningkatkan konsentrasi belajar berikut ini.

  1. Pilih Tempat Yang Sesuai Untuk Belajar

Sebelum kamu memulai belajar, kamu bisa memilih tempat belajar yang menurut mu terasa nyaman. Kalau kamu adalah orang dengan tipe yang mudah teralihkan, maka kamu bisa cari tempat – tempat yang jauh dari gangguan seperti di dalam kamar. Kamu juga bisa memilih tempat dengan pencahayaan yang bagus agar tidak menyulitkan penglihatan kamu.

  1. Rapikan Meja Atau Area Belajar Mu

Terkadang konsentrasi juga sangat membutuhkan faktor lain misalnya kerapian meja. Ketika area belajar mu sumpek dan berantakan tentu akan membuat konsentrasi mu juga berantakan. Oleh karena itu pastikan sebelum belajar kamu harus membersihkan area belajar mu terlebih dahulu, pastikan tempat belajarmu benar – benar bersih dan rapi sehingga bisa membuat kamu nyaman dan bisa konsentrasi.

  1. Pilih Metode Belajar Yang Pas

Dalam meningkatkan konsentrasi setiap orang punya ciri khas masing – masih ketika memilih waktu atau metode belajar yang pas. Misalnya kamu bisa memilah atau memilih poin – poin penting dalam suatu materi. Kamu juga bisa membuat sebuah rangkuman untuk satu materinya, di mana rangkuman itu bisa kamu tulis di sticky note dan kamu tempelkan di dinding. Mendengarkan musik terutama musik yang kalem juga bisa jadi metode yang pas untuk meningkatkan metode belajar mu.

  1. Tentukan Waktu Belajar Mu

Walaupun belajar, kita juga harus ingat waktu ya, jangan sampai kamu belajar berlarut – larut, yang ada malah kamu sakit dan tidak bisa ikut ujian atau kelas. Jadi perhatikan waktu belajar mu, misal kamu bisa memilih waktu 2 jam dalam belajar mu. Dan kamu juga harus memberikan waktu jeda istirahata agar belajar mu bisa maksimal dan tidak capek.

Demikian artikel tips meningkatkan konsentrasi belajar.

Jangan lupa Cek Tas Kekinian dan Tas Ngetrend dari Pac Up hanya di Pacup.co.id.

Sumber: Ruangguru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.