Blog

Tips Mengelola Keuangan Dengan Bijak

Tips Mengelola Keuangan

Semakin dewasa, semakin kita tahu bahwa mengelola keuangan amatlah penting. Uang yang kita tabung merupakan aset yang harus kita perlu pelihara agar suatu saat bisa kembali menguntungkan kita. Selain itu kita juga harus hati – hati dalam mengelola keungan terutama ketika kita habis gajian, jika salah maka keuangan kita bisa tidak stabil. Pada nantinya akan merugikan kita, membuat kita mencari pinjaman sana – sini atau hutang. Nah, agar bisa keluar dari hal tersebut, kita bisa simak tips mengelola keuangan dengan benar dan bijak berikut ini.

  1. Tips Mengelola Keuangan Paling Dahsyat – Menabung

Peribahasa Rajin Pangkal Pandai dan Hemat Pangkal Kaya memang benar adanya. Dengan kita konsisten menabung dan hidup hemat, bisa membuat kita survive di keadaan ekonomi apapun. Kita tentu tidak bisa memprediksi kejadian apa yang bakal menimpa kita selanjutnya. Sehingga ada baiknya anda menabung atau menyisihkan beberapa persen dari penghasilan atau pendapatan kalian. Jika anda kebingungan, anda bisa menggunakan metode Kakeibo yang mengalokasikan 20% pos tabungan Anda di setiap bulannya.

  1. Buat Rincian Pengeluaran

Tips mengelola keuangan lainnya yang bagus buat mu ialah membuat rincian pengeluaran. Buat pos – pos pengeluaran setiap bulannya agar bisa mudah tertelusuri ke mana saja uang Anda tergunakan. Misalnya saja, buat pos pengeluaran untuk makan sehari – hari, belanja kebutuhan primer, melunasi hutang, atau cicilan jika ada. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang ada atau catat secara manual di notebook.

  1. Mulailah Berinvestasi

Untuk mempersiapkan masa depan yang cerah, mengambil langkah untuk berinvestasi adalah keputusan yang tepat. Ada banyak instrumen investasi seperti saham, emas, reksadana dan lain – lain sesuai dengan jenis tingkat risiko yang muncul. Sebagai awalan, pilihlah instrument insvestasi yang memiliki tingkat rasio yang rendah. Semakin bertambahnya usia dan lamanya kamu berinvestasi pasti akan terasa manfaatnya.

Demikian artikel dari tips mengelola keuangan dari Pac Up, jangan lupa cek katalog tas dan dompet kami hanya di www.pacup.co.id ya! Mumpung kita lagi ada Promo gede nih!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.