Blog

Mengenal Ibu Sandiah, Pencipta Lagu Anak Yang Populer Di Indonesia

sandiah

Wajah Sandiah Bunda Kasur jadi wujud yang ditayang dalam Google Doodle hari ini( 16/ 1/ 2022). Bu Kasur sendiri diketahui selaku seniman serta tokoh pembelajaran kenamaan di Indonesia.

Bu Kasur lahir dengan nama Sandiah di Jakarta, 16 Januari 1926. Dia bersekolah di Meer Uirgetreid Lager Onderwijs( Mulo) tahun 1930.

Bu Kasur lebih diketahui dengan nama tersebut sehabis menikah dengan Pak Kasur yang bernama asli Soerjono. Mereka berdua ialah pendamping suami istri pencipta lagu kanak- kanak yang teratur tampak di bermacam kegiatan tv dan radio.

Cerita Hidup Sandiah Bunda Kasur

Berikut merupakan cerita hidup Sandiah Bunda Kasur yang dikutip dari halaman Kemdikbud:

Bu Kasur mengelola TK Mini pada tahun 1965. TK tersebut pula meluluskan tokoh- tokoh Indonesia semacam Presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman, serta Ateng.

Kala itu TK Mini terbagi jadi 3 jenjang ialah Parkit buat anak berumur 3 tahun, Kutilang buat umur 4 tahun, serta Cendrawasih buat umur 5 tahun.

Bu Kasur terkenal dengan wujud yang hirau terhadap kanak- kanak serta seseorang pendidik. Ketulusan yang Bu Kasur punyai sukses membuat nya jadi pembicara di seminar- seminar yang berhubungan dengan dunia anak.

Ada pula Bu Kasur pula mengetuai Yayasan Setia Bayi yang mempunyai 5 TK di Jakarta. Karier Bunda Kasur pula bersinambung dalam bidang publikasi. Dia jadi penjaga suatu rubrik di majalah anak Bocil.

Lebih lanjut, Bu Kasur serta Pak Kasur mengurus siaran kanak- kanak di Radio Republik Indonesia( RRI) Jakarta di kala TVRI berdiri tahun 1962. Bunda Kasur memegang kegiatan bertajuk Zona Kanak- kanak serta Memahami Tanah Airku.

Setelah itu pada tahun 1970- an, Bu Kasur pula memegang kegiatan Halaman Indria di TVRI. Kala tv swasta timbul, dia pula memegang kegiatan Hip Hip Riang di RCTI.

Bu Kasur pula menghasilkan sebagian lagu anak. Lagu- lagu tersebut antara lain Kucingku, Bertepuk Tangan, serta Main Sembunyi.

Penghargaan

Atas jasanya di bidang pembelajaran kanak- kanak, Bu Kasur mendapatkan beberapa penghargaan semacam Bintang Budaya Para Dharma( 1992), penghargaan dari Presiden dalam rangka hari Anak Nasional( 1988), Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II dari pemerintah Italia( 1976), serta penghargaan pembawa kegiatan kanak- kanak legendaris di tv.

Bu Kasur meninggal pada 22 Oktober 2002, dalam umur 76 tahun, akibat serbuan stroke. Ia  termakamkan di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah pas di samping makam Pak Kasur.

Seperti itu cerita hidup dari Sandiah Bunda Kasur yang timbul di Google Doodle hari ini. Jadi jangan melupakan jasa- jasa Ibu Sandiah ya ya!

Jangan lupa cek katalog tas kami hanya di website Pac Up dan Marketplace Pac Up Official Store.

Sumber: detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.