Blog

Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga Pagi

Siapa yang suka olahraga pagi, kali ini, Pac Up akan membahas manfaat olahraga pagi loh. Di pagi hari rasa kantuk dan sendi kaku menjadi kendala ketika ingin berolahraga. Tidak hanya itu, bagi yang belum terbiasa bahkan akan merasa malas dan melanjutkan tidurnya. Namun, di luar kendala yang muncul, ternyata olahraga di pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan sob. Untuk selengkapnya, yuk simak manfaat olahraga pagi di bawah ini.

  1. Suasana Tenang

Pagi hari identik dengan suasan tenang dan juga udara segar. Masih sedikit atau jarangnya kendaraan yang berlalu lalang membuat kita bisa fokus untuk olahraga. Selain itu pikiran juga ikut tenang karena belum ada gangguan seperti telpon, sms, wa dan sejenisnya.

  1. Pola Makan Jadi Lebih Sehat

Studi menemukan, olahraga pagi mendorong orang untuk memilih makanan yang cenderung lebih menyehatkan sepanjang hari. Studi yang terbit dari International Journey Of Obesity meneliti ribuan mahasiswa yang menyelesaikan program olahraga selama 15 minggu. Hasilnya, mereka mengurangi konsumsi daging merah dan gorengan.

  1. Hormon Kortisol Jadi Seimbang

Kortisol merupakan hormone yang membuat seseorang menjadi waspada dan terjaga. Kortisol juga merupakan hormone stress yang bisa memicu masalah. Pada kondisi normal, kadar kortisol meningkat di pagi hari dan menurun di malam hari. Olahraga pagi memanfaatkan kadar kortisol yang sedang naik. Dengan memicu kortisol di pagi hari, tidur akan lebih nyenyak di malam hari.

  1. Menambah Energi

Saat berohlaraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru – paru. Kondisi ini menyehatkan sistem kardiovaskular, meningkatkan sistem imun, dan stamina secara keseluruhan. Olahraga pagi bisa membuat kita berenergi sepanjang hari.

  1. Meningkatkan Fokus

Aktifitas fisik bisa meningkatkan fokus kalian, termasuk kegiatan olahraga pagi juga dapat meningkatkan fokus kalian, terutama untuk yang kuliah atau bekerja di siang hari. Studi yang terpublikasikan oleh British Journal of Sport Medicine menyatakan bahwa olahraga pagi dapat meningkatkan daya tangkap, visual dan juga kemampuan mengambil keputusan. Bisa kita sebut bahwa olahraga pagi bisa meningkatkan kognitif kita sepanjang hari dan akan semakin maksimal apabila terbarengi dengan istirahat yang rutin.

Demikian artikel dari manfaat olahraga pagi untuk kesehatan.

Jangan lupa cek katalog tas kekinian kami hanya di pacup.co.id

Sumber: CNN

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.