Blog

Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Hidup Mu

manfaat mendengarkan musik

Halo, kali ini Pac Up kembali membahas hal unik lain yaitu musik, iya handphone yang kamu suka gunakan buat dengarkan musik ternyata punya beberapa manfaat lho. Berbagai penelitian kerap kali meneliti akan manfat mendengarkan musik yang ternyata punya berbagai manfaat untuk hidup kita. Perpaduan irama dan lirik dalam musik ternyata dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental hingga emosional orang yang mendengarkannya.

Musik secara tidak kita sadari bisa mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku seseorang. Ini bisa terlihat ketika kamu mendengarkan musik dengan irama atau lirik yang sedih, dalam seketika kamu. Sama halnya ketika kamu mendengarkan musik metal, maka kamu akan lebih terpacu dan semangat. Biar gak berlama – lama, simak artikel berikut ya:

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Musik dapat mempengaruhi suasana hati atau mood seseorang pada saat itu, sehingga kerap tergunakan sebagai alat relaksasi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik dengan nada ceria dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Karena itu biasanya musik tergunakan sebagai terapi mengatasi masalah yang berkaitan dengan masalah emosional. Selain itu terapi musik juga dapat memperbaiki masalah konsentrasi, memori serta menjaga kesehatan otak.

  1. Mengatasi Gangguan Tidur

Jika kamu sedang mengalami gangguan tidur seperti imsonia, musik bisa jadi solusi untuk mengatasinya. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada tidak mendengarkan musik. Musik dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks, sehingga memudahkan Anda untuk terlelap. Namun, cobalah memilih musik dengan alunan nada yang lembut dan pelan. Selain itu hindari penggunaan headset atau earphone ketika mendengarkan musik.

  1. Membantu Pemulihan Pasca Operasi

Manfaat musik yang ketiga ialah dapat mengurangi gangguan sebelum dan sesudah operasi. Sebelum operasi medengarkan musik dapat mengurangi rasa gelisah. Dan mendengarkan musik pasca operasi dapat mengurangi rasa nyeri yang terasakan oleh pasien.

  1. Mengatasi Stres

Manfaat mendengarkan musik terakhir ialah dapat mengelola dan mengatasi stress. Penelitian menunjukan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stress daripada mereka yang tidak.

Berikut di atas manfaat seputar mendengarkan musik bagi kehidupan sehari – hari.

Jangan lupa cek katalog Pac Up di website ini ya.

Sumber: Alodokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.