Blog

Jenis Musik Yang Bisa Merubah Mood Mu

Jenis Musik

Musik yang biasa kita dengarkan di radio, Spotify, Youtube dan lain sebagainya ternyata bisa lho, berpengaruh terhadap mood kamu dalam sehari – hari. Efek dari musik sendiri dapat mempengaruhi keadaan psikologi manusa yang mendengarnya, entah sedih, senang, marah, kalem hingga bersemangat. Uniknya setiap jenis musik yang berbeda – beda ternyata dapat memperbaiki mood loh. Sebuah studi yang terbit pada Jurnal of Positive Psychology menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik ceria merasa suasana hati mereka lebih baik dari sebelumnya. Sementara peserta lain yang mendengarkan musik tanpa tujuan untuk merubah mood justru tidak merubah apa – apa. Nah, berikut jenis musik yang bisa merubah mood kamu.

  1. Musik Klasik

Musik klasik sering termainkan di tempat – tempat yang membutuhkan ketenangan, misalnya perpustakaan Faktanya, jenis musik ini bisa memberikan Anda rasa tenang dan nyaman. Hal ini terbukti pada penelitian yang tim Emporia State University lakukan. Setelah mendengarkan musik klasik, peserta penelitian melaporkan peningkatan rasa tenang, relaksasi serta berkurangnya rasa cemas.

  1. Heavy Metal dan Hard Rock (Jenis Musik Favorit)

Berbeda dengan musik klasik, musik heavy metal dan hard rock sarat akan gebukan drum dan suara gitar yang agresif. Biasanya lagu genre ini juga tersertai dengan lirik penuh amarah dan kritik sosial. Dalam penelitian yang sama sebelumnya, banyak orang juga mengalami peningkatan kegelisahan setelah mendengarkan musik heavy metal dan rock. Namun, bagi orang yang menyukai genre ini, bisa menambah semangat di kala stress.

  1. Pop (Jenis Musik Yang Paling Tersukai)

Tempo yang menyenangkan dan ritme yang mudah tercerna merupakan ciri khas dari musik pop. Genre musik ini sangat populer dan menjadi favorit banyak orang. Hampir serupa dengan musik klasik, genre musik pop juga dapat memberikan efek positif bagi mood, menenangkan serta mengurangi rasa kuatir dan tegang.

  1. Jazz

Selain musik klasik, musik jazz juga kerap terpilih untuk menemani orang – orang saat bekerja. Musik jazz dapat membuat Anda lebih fokus dan bahkan meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Tak hanya itu, musik jazz juga dapat mengaktifkan gelombang teta di otak. Gelombang teta merupakan gelombang otak yang dapat meningkatkan sisi kreativitas manusia. Jadi, bila kamu ingin mendapatkan inspirasi pekerjaan, bisa dengarkan musik Jazz ya.

Jangan lupa cek katalog tas dan dompet kami hanya di www.pacup.co.id ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.