Blog

Cara Menghilangkan Noda Tinta Pada Tas. Yuk Ikuti Tipsnya!

Cara Menghilangkan Noda Tinta Pada Tas

Hallo sobat! Sebagian orang rela merogoh kocek yang dalam demi mendapatkan tas yang mereka idam-idamkan. Tas ini tidak hanya digunakan untuk membawa barang dan juga sebagai alat penunjang penampilan agar lebih fashionable saja, tetapi juga sebagai salah satu sarana investasi jangka panjang yang memiliki nilai jual dan menguntungkan. Di samping itu, kamu juga harus pandai dalam merawat tas tersebut. Apalagi ketika tas tersebut terkena noda-noda membandel seperti noda tinta. Maka kamu harus pahami benar cara menghilangkan noda tinta pada tas.

Biasanya noda-noda seperti tinta ini cukup sulit di hilangkan, bila tidak mendapatkan treatment yang baik dan benar. Jangan sampai kamu mendiamkan noda tersebut dalam jangka waktu yang lama, sehingga akan membuat lebih sulit lagi untuk dihilangkan. Perlu kamu ketahui, tinta ini memiliki dua jenis, yaitu tinta permanen dan tinta tidak permanen. Kedua jenis tinta ini perlu cara dan bahan tertentu untuk membersihkannya bila terkena tas.

Namun, kamu tidak perlu panik. Mimin akan memberikan tips cara menghilangkan noda tinta yang mengotori tas kesayangan kamu. Yuk, simak ulasannya hingga selesai!

Cara Menghilangkan Noda Tinta Pada Tas dari Pac Up

1. Air

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda tinta pada tas yaitu dengan menggunakan air. Biasanya, dengan menggunakan air noda tinta yang mengotori tas kamu akan hilang. Namun, dengan catatan bahwa tinta yang mengotori tas kamu itu bersifat tidak permanen. Tinta tidak permanen berbahan dasar air, sehingga bisa mudah di hilangkan menggunakan air juga. Contoh tinta yang tidak permanen ini seperti pulpen, spidol anak-anak, dan sebagainya.

Jika ingin menghilangkan noda tinta pada tas dengan menggunakan air, kamu bisa menyiapkan alat dan bahan seperti kain handuk, lap, atau kain lainnya yang berserat lembut. Caranya, basahi kain tersebut dengan air, lalu tepuk-tepuk kain basah tersebut terhadap tas yang terkena noda. Jangan gosok kain basah karena dapat memperlebar area noda. Terus tepuk-tepuk kain basah tersebut hingga noda benar-benar hilang. Namun ini tidak berlaku untuk tinta permanen ya, untuk permanen kamu butuh minyak kayu putih/minyak angin namun harus segera kamu usapkan. Jika tidak atau kelamaan maka sudah sangat sulit untuk kamu hilangkan.

2. Alkohol

Selain air, kamu juga bisa menggunakan alkohol untuk menghilangkan noda tinta pada tas. Alkohol yang di gunakan di sini yaitu jenis rubbing alcohol atau alkohol gosok. Jenis alkohol ini sangat ampuh untuk menghilangkan noda tinta pada tas, termasuk tinta permanen. Tinta permanen biasanya di gunakan pada papan tulis. Tinta permanen di buat dari bahan dasar minyak, maka dari itu akan sulit sekali jika di bersihkan hanya dengan menggunakan air saja.

So, kamu bisa gunakan rubbing alcohol ini bila tas kesayanganmu terkena tinta permanen. Siapkan alat dan bahannya seperti kain bersih, korek kuping, dan tentu rubbing alcohol. Tuangkan atau celupkan korek kuping pada rubbing alcohol, lalu coba kamu tepuk-tepukkan pada bagian tas yang terkena noda tinta. Setelah di rasa bersih, lap bekas tepukkan tersebut menggunakan kain bersih.

3. Hairspray

Jika kamu punya hairspray di rumah, kamu bisa menggunakan bahan ini untuk membersihkan tas yang terkena noda tinta, lho. Karena, kebanyakan hairspray ini mengandung alkohol yang bisa melunturkan tinta. Namun kamu juga harus berhati-hati dalam menggunakan hairspray untuk melunturkan noda tinta pada tas, jika di semprotkan terlalu banyak, justru bisa saja akan memudarkan warna tas, bahkan lebih parah lagi tas kamu akan terkelupas. So, hati-hati ya dalam menggunakannya.

Sebaiknya kamu tes hairspray tersebut pada kain yang tidak terpakai, jangan semprotkan langsung pada tas. Caranya sama saja, tepuk-tepukan kain pada area tas yang terkena noda, ulangi langkah tersebut hingga di rasa noda tersebut sudah hilang.

4. Cuka Putih

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda tinta pada tas yaitu dengan memanfaatkan cuka putih. Cuka putih ini sering di gunakan untuk membuat makanan menjadi terasa segar, seperti pada bakso, rujak, dan sebagainya. Namun, ternyata cuka putih ini juga bisa di jadikan sebagai pengganti alkohol lho.

Cara menggunakanya sama, yaitu siapkan kain bersih dan korek kuping, lalu teteskan cuka putih secukupnya. Sebelum kamu langsung tepukkan pada noda, tes dulu pada area tas yang tidak terlihat untuk melihat kecocokan tas kamu jika terkena cuka. Jika di rasa tidak bermasalah, kamu bisa melanjutkannya pada bagian yang terkena noda.

Demikian Cara Menghilangkan Noda Tinta Pada Tas

Nah, itulah beberapa tips cara menghilangkan noda tinta yang membandel pada tas. Dengan cara-cara tersebut, di jamin noda tinta pada tas kesayanganmu akan hilang, dan tas kamu akan bersih kembali seperti baru.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.